Cara Menyetel Sound Agar Kualitas Suara Lebih Ok

Cara Menyetel Sound Agar Kualitas Suara Lebih Ok

Saat menikmati music kita tentu ingin mendengarkan suara dengan kualitas yang terbaik, sebuah music akan terdengar lebih indah ketika disetel dengan baik sound systemnya. Untuk mendapatkan hasil setelan yang baik dan benar, Anda harus melakukan beberapa hal.

Pertama, pastikan jika Anda telah memposisikan tuas putar di posisi 12 maupun posisi netral, lantas Anda bisa memutarnya mulai dari arah kanan atau kiri untuk memperoleh setelan yang tepat. Amati dan dengarkan dengan baik perubahan suara ketika Anda memutar tuas putar tersebut, apakah sudah memperoleh suara yang sesuai dengan kehendak apa tidak

Kedua, di dalam sebuah ampli umumnya terdapat banyak sekali tuas putar dan meskipun demikian, terdapat cukup banyak tuas putar yang bisa kita kelompokkan menjad empat kelompok yang akan disetting. Klasifikasinya sebagai berikut ini:

  • Penyetelan treble akan memberikan dampak yang amat terasa terutama pada sound gitar dan ketika kita melakukan penyetingan ini dengan cara memperbesar volume treble otomatis akan menghasilkan suara yang jauh lebih melengking dan terdengar garing, maka dari itu perlu dilakukan penyetelan yang sesuai agar suara yang diperoleh jadi lebih enak untuk dinikmati.
  • Bass, penyetalan atau penyetingan bass dimaksudkan untuk membuat suara yang jauh lebih dalam atau booming, cukup dengan memutar knob ke kanan maka Anda bisa mendengar suara kombinasi bass dan treble.
  • Middle berfungsi untuk memperoleh karakter sound yang hendak dimainkan. Saat kita menyetel Middle kita akan mengatur karakter suara yang diambil sehingga bisa sesuai dengan selera. Karakter suara yang diperoleh ketika kita menyetel middle adalah classic, rock and roll, bluesy dan honky-tonk.
  • EQ/Tone/Filter/Contour. Memiliki nama yang berbeda mungkin sedikit membuat Anda merasa bingung. Fungsi utama dari penyetelan knob ini adalah mengatur keseluruhan setinggi di treble, bass dan juga middle. Dari sini kita dapat mengatur sound seperti keinginan.

Mungkin awalnya tidak mudah melakukan penyetingan pada sound system, apalagi jika Anda bukan orang yang ahli, namun dengan mempelajarinya otomatis Anda akan bisa melakukan penyetelan sendiri.

Sumber Referensi : Akusewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *