Cara Mencegah Kebakaran yang Terjadi Karena Pemakaian Genset yang Keliru

Cara Mencegah Kebakaran yang Terjadi Karena Pemakaian Genset yang Keliru

Eragenset – Sehubungan peningkatan pemakaian energy listrik dari masa ke masa, makin banyak rumah tangga yang memiliki satu unit genset di rumahnya untuk berjaga-jaga jikalau PLN mematikan listrik secara tiba-tiba. Sayangnya masih banyak pengguna genset yang tidak bisa menggunakan mesin tersebut secara optimal sehingga tidak heran jika belakangan ini ada banyak laporan kasus kebakaran atau kecelakaan yang terjadi karena pemakaian genset. Agar kebakaran ini tidak terjadi lagi, coba terapkan tips berikut ini untuk membantu mencegah terjadinya kebakaran karena pemakaian mesin genset:

Menggunakan Kabel Listrik Standar SNI Lalu Sesuaikan Pula Dengan Daya Pemakaian

Untuk pemakaian mesin genset di dalam rumah, energy listrik yang berasal dari mesin genset akan ditancapkan secara langsung pada stop kontak untuk dapat mengalirkan energy listrik ke semua perangkat elektronik yang berada di dalam rumah. Pada dasarnya, kabel yang menjadi penghubung antara gardu listrik dan rumah pasti memiliki daya lebih tinggi daripada kabel yang ada di jaringan listrik rumahan karena kabel yang berasal dari gardu tersebut harus bisa membawa arus listrik besar. Sementara itu kabel pada jaringan listrik rumah hanya bisa dipakai untuk menyalakan perangkat skala kecil jadi tidak memerlukan penanganan arus listrik besar.

Bila Anda menancapkan mesin genset di stop kontak maka kabel listrik yang dipakai di stop kontak kemungkinan besar terlalu kecil untuk dapat menangani gelombang arus listrik yang besar yang berasal dari genset sehingga memicu arus panas. Panas inilah yang bisa menstimulasi insulator terkelupas, terbakar bahkan terjadi arus pendek yang kemudian menyebabkan kebakaran.

Maka dari itu biasakanlah untuk menggunakan kabel yang tepat yang mana sebelumnya sudah disesuaikan dengan besarnya arus output pada mesin genset. Output genset pun seharusnya dimasukkan pula pada jaringan dari jalan yang sama dari gelombang listrik PLN. Caranya, cukup tambahkan change over switch untuk dapat memilih listrik dari PLN maupun listrik dari mesin genseti yang nantinya akan dialirkan gelombangnya ke dalam rumah Anda.

Dengan memerhatikan kondisi ini dengan baik, setidaknya Anda bisa menjauhkan kebakaran yang bisa saja terjadi kapan saja saat Anda menggunakan genset ketika mati lampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *